Senin, 04 Februari 2013

liburan uyeee part 1




hallowww..
selamat natal dan tahun baru 2013 ya~
wow tahun baru kedua gue gag bareng keluarga, liburan kali ini gue kabur ke desa orang. awalnya sih pengen ke villa temen gue yang dipuncak, cuma katanya kgagbisa yaudah kita buat liburan laen. dulu kata temen gue kalo natalan mau ikut dia ke solo ikut ajah, tp ternyata dia natalan disini, yah yaudah kita mikir lagi buat kabur kemana lagi, Nah gue inget temen gue punya uwak tinggal di TASIK!!! dan gue langsung kumpul sama anak2 buat ngomongin ini soalnya kita cuma punya waktu 4hari!!! ya 4hari ini suder puder dadakan, pertama yang dipikiran kesananya kita naek apaaaaa, coba browsing di internet tiket kereta tapi gagbisa, terus kita coba ke indomart ternyata udah full semua. yaudah mau gagmau naek bis deh-_-
yang kedua kita cari objek wisata daerah situ apaan, kan ada green canyon + pangandaran +curug yaudah kita cari2 dari tasik ke pangandaran gimana dan udah ketemu semua tp teteh nya temen gue bilang mau disewain mobil apa gag, 2hari itu 1,5juta WOW bgt-_- akhirnya pada gagmau soalnya anak2 nye juga belum fix .
dan pertemuan pun selesai~
H-2 gue ke terminal bekasi buat nanya berapa tiket nya, dan ternyata tiket bus Budiman Bekasi-TasikMalaya ekonomi AC 40.000ribu dan karena belum fix siapa ajah yang ikut gue sama bapak cuma nanya ajah katanya tiap jam bus nya berangkat.
dan besok harinya gue dapet kabar daerah pangandaran ada gempa waduhhhhh... untung saja tidak ada di tv jadi bapak+mama gagtau tp karna cuaca bapak+mama sempet gag ngizinin tp gue kekeh sama pendirian gue yaudah H-1 gue pergi sama temen gue buat beli tiket ternyata nambah 2orang yg ikut jadi 5perempuan 2laki .
setelah sampai di terminal bekasi kata temen gue naek primajasa ajah dan kita coba ke bus nya ternyata kalo primajasa belinya pas keberangkatan yaudah kita janjian jam7 dirumah gue biasa lah orang Indonesia ngaret itu seperti budaya/hobi gtu. sampailah di terminal jam9 padahal dari rumah gue ke terminal cuma 10menitan . pas banget ada bus yg baru jalan yaudah kita kejar2 dulu busnya dan kita duduk mencar2 karna sudah penuh tempat duduknya . setelah perjalanan 4,5 jam sampai lah kita di kota Tasik!!

lanjutan dari sebelumnya
ternyata rumah uwaknya temen gue itu masih di desa, di desa banget yang naek gunung turun gunung dan wow gag ada angkot yang sampe kesana dari terminal ciawi tp ada angkot yg lewat di depan belokan nya saja yaudah kita naek saja daripada jalan kaki, bayar 5ribu per orang sampai dibelokan nya ternyata kelewatan belokannya jadi kita harus nyebrangin sawah dulu. Oh Tuhan-_- tp kita gag pantang menyerah kita terus jalan dan sesekali berhenti karena kita harus nanjak terus dan jam3 sore kita sampai sana dan langsung MAKAN!! ya kita kelaperan untung ada abang baso yg lewat jadi kita makan baso . setelah itu kita mandi dan tidur2an saja sampai malam hari .

ditanggal 29 Desember 2012 kita pagi2 sudah cantik+ganteng mau menuju curug 7 di daerah ciamis . kita menuju terminal ciawi naek angkot, kita nanya sama ibu2 bayar brp buat ongkosnya ternyata cuma 3rbu. wow berarti kemaren kita diboongin abangnya. sial-___-
setelah sampai di terminal ciawi kita nyater angkot menuju curug 7 per orang bayar 20ribu untuk sekali jalan. ternyata jauh juga ke sana kurang lebih 1 jam kita sampai sana dan ternyata gag ada angkot buat naek ke atas nya jadi mau gagmau kita nyater angkot yang sebelumnya dan abangnya mau nunggu .
kita ganti baju dulu terus jalan kaki ke atasnya jauh ye jauh bgt padahal dingin tapi keringetan kaya mau ke puncak bromo gtu. kita jalan jalan tp kok gag ada kedengeran suara aer terjun apa kita salah :') yaudah jalan jalan terus pas ngeliat ada petunjuk arah ternyata buat ke curug 7 itu masih jauh banget dan kita memutuskan untuk ke curug 1 ajeh mungkin paling deket, yaudah kita jalan jalan terus jalan dan akhirnya kedengeran suara aer jatoh yaude kita buru2 langsung lari2an. daaaaannnnn
"Wowwwwww" akhirnya sampai jumpa kita langsung buru2 naro barang dan langsung "maenan aer" yipiiiii!!! ini pertama kalinye gue ke aer terjun jadi "maaf" rada norak!!!
"Wooooooooow" seru kita maenan terus foto aer nya dingin mampus. setelah maenan disitu kita mau ke curug 2 ya curug 2 !!! kita jalan jalan terus jalan kirain sebentar gtu ternyata jauh bangetbanget jauh:') sampai di curug 2 kita maenan lagi tapi masih bagusan curug 1 sih tapi sepian disini banyak yang pada "maaf" pacaran gtuuuu
kita mau ke curug 3 tapi karena jalanannye yg tambah ekstrim kita memutuskan untuk balik ke curug 1. gagpapa 2 ajah cukup;;)
wah dingin2 gini paling enak ya makan indomie rebus+telor+cabe rawit. "Mantav"
setelah makan kita mandi terus langsung cus turun kebawah kita maenan disana yaaa kurang lebih 3jam-an lah
yeyy! kita langsung cus pulanggg deh
kita ampir kepasar dlu buat beli jajan2 terus langsung pulang istirahat~

Setelah tanggal 30 kita seharian full dirumah paling keluar cuma buat mancing terus nyari TUTUT ya TUTUT perasaan TUTUT di bekasi dijualin deh tapi disini kita nyari TUTUT di sawah diketawain orang2 desa "kok tutut dicariin disini mah dibuangin, orang kota kok ndeso" wkwk emang sih TUTUT kan hama kok kita makanin ye-___- tapi gapapa yang penting enak;;)
tanggal 31 kita mau bakar pergantian tahun tinggal menghitung jam ya jam . kita mau kepasar tapi karena buat jalan kebawah nye jauh (ini pake banget) jadi 2orang temen minjem motor .
sisanya nunggu dirumah asikkkkkk... tidur2an doanggg .
malem nye kita mempersiapkan buat bakar2an tapi ujan dan lumayan deres ditambah lagi disini sepi bgt demi apapun sepi bgt .
nanti dilanjutkeun ya lagi sibuk udeh kelas 3 soalnyee...

Sabtu, 15 Desember 2012

jbottttt

sekarang gue mau cerita kenangan gue waktu JBOT disekolah gue, JBOT itu Java Bali Overland Tour harusnye sih Interisland kan beda pulau tapi udah terkenalan gtu deh . kira2 pas gue JBOT pas bulan Oktober 2010 . pas baru masuk kelas X .
jadi waktu itu gue di bus 4 di chefronin sama kak boay. gue bareng putri adis linda yang temen sekelas gue . 
kira2 kita seminggu JBOT gue di bis rada pendiem mungkin karna gag banyak kenal, terus ada mantan gue juga jadi males betingkah gue ntar dikira caper lagi sama dia. tp di bis gue ada yg lucu banget orangnye si K . terus ada yang gue demenin tp demenin biasa doang si R, si K itu sekelas sama si R. jadi setelah balik JBOT kan ntah gue/dia gue lupa ngeadd facebook masing2. terus jadi deket suka smsan tp gagjauh2 paling ngomongin si R atau puput temen sekelas gue, dia suka sama puput dia suka cerita sama gue tp ternyata puput sombong banget sama si K jdi dia sebel deh sama puput dan semenjak gue punya pacar kita jadi gagpernah smsan lagi, nomor dia gue sms gagal mulu ketemu di sekolah jarang ditambah lagi kita OJT tambah gag ketemu lagi tp pas abis ojt kita pas2an dan gue minta pin dia tp di invitenye nanti soalnye gue lg off eh ternyata pinnye salah-___- peaa bener . yaudah beberapa hari setelah itu ketemu gue minta lg ajeh . terus jadi followan di twitter . ntahlah pas gue putus dari pacar gue kita tambah deket suka mention2an+bbman tapi cuma temen, paling cuma cerita2 doang kalo lagi ada masalah . tapi temen2 kita ngecengin kita berdua mulu padahal gag ada apa2 dan tiba2 beberapa hari lalu dia ngegalaw gitu di twitter katanya dia diphpin ntahlah dia diphpin sama siapa terus gue kepo gue bbmin dia ngejutekin gue . gue tanya disekolah juga di jutekin pas dia jutek gtu kaya ada yang ilang gtu tp gue coba bbmin dia jb2 dia di twitter tetep ajah dijutekin apa mungkin gue ye yang phpin dia? tapi emang kita cuma bertemen ajeh TTM teman tapi mesra wkwk bercanda . tapi akhirnya setelah temen2 gue+temen2 lo ngecengin kita lagi kita deket lagi deh . jangan jutek2 napah kan gagenak di jutekin.
terus kata temen2 gue cinlok jbot kgag kelar2 perasaan wkwk . 
terimakasih teman jbot ku  
*KS

Kamis, 13 Desember 2012

tipe sahabat terbaik menurut saya....


didunia ini kita pasti gag bisa sendiri, kita butuhin teman maupun sahabat yang bisa support kita, bercanda bareng, bisa sharing masalah bareng tapi ada juga yang Cuma bisa manfaatin teman ajah dan ini menurut gue tipe2 sahabat yang terbaik yang bisa mengajarkan kita ke arah yang lebih baik bukan cuma buat suka2 hura2 ajah tpi dukanya juga dong, katanya sahabat tp kok udah seneng2 malah ditinggalin, ish ngeri cuy.....
cekidot nyokz :
1. baik
baik dalam segala, baik sering jajanin? bukan2 ini nyari temen apa nyari tante2 sih. baik pokoknya baik hati nya .
2. dia rajin sholat 
pasti dia bisa ngajak kita ngerangkul kita untuk sholat juga, U,u sahabat2ku penghuni surga;)
3. ramah
senyum nya bisa jadi semangat kita tiap pagi loh;)
4. doyan ngelawak
gag ada abisnya tiap hari pasti ketawa itu seru banget pasti gag bakal kerasa tiap hari kalo sama dia (note: tahu waktu2nya kalo lg bercanda)
5. pintar
bisa ngajarin kita (ngajarin bukan ngasih 'contekan' yeeee) kan biasanya banyak tuh orang yang gengsi kalo nanya sama temen, kan kalo sahabat mungkin dia mau kalo nanya.
6. sopan santun
liat attitude nya dong, gimana sama yang lebih tua, sepantaran dan lebih muda pasti kita jadi ikutan terbawa sama sikapnya.
7. jujur
nah jaman sekarang susah loh nemu orang yang jujur buat dirinya sendiri ajah jarang jujur apalagi buat oranglain, jadi liat mata sahabatmu, karena mata gag pernah nipu
kayanya baru segitu yang gue tau nanti kalo ada lagi ditambahin kok:')
terimakasih salam persahabatan kedondong :D

Tinggalkan, bilaaa………..

Adakala nya pertemuan pasti ada perpisahan, dibalik kita kehilangan seseorang, Allah pasti sudah menyiapkan untuk mengirim orang yang lebih baik lagi sebelumnya. Jadi jangan terlalu cinta, jangan terlalu berharap karena akan sakit bangetzz (bangeeet make z) bila yang kita harapkan tidak seusai dengan kenyataannya. Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hambanya.
Yapz disini gue mau ngebahas “Pacaran” ya pacaran, sekarang pacaran itu kaya sudah umum lagi dari anak kecil sampai orang dewasa pasti ngomongin begituan. Miris loh kalo ngeliat anak SD udah pacaran O.o  dikata gaul kali yeee kencing ajeh belum lurus. gue ajeh baru ngerti pacaran Smp kelas 1.
 Nah!! Pacaran kan dijalanin oleh DUA orang(ya hanya DUA orang, yang KETIGA, KEEMPAT, KELIMA pasti SETAN!!) didalam pacaran itu kita pasti dituntut untuk berkomitmen, saling mengerti dan lain2 tapi ada beberapa alesan yang memungkin untuk kamu(re: pihak2 perempuan) untuk meninggalkan laki2, bilaaaaa :
1. tidak di anggap 
dengan cara dia menyepelihin kamu, omonganmu tidak didengarnya itu tanda dia tidak menganggap kamu ada. dia masih belum bisa membawamu untuk masuk kedalam kehidupannya. masih mau dipertahankan? padahal :
"ada banyak laki2 diluar sana yang bisa menganggapmu ada yang bisa sharing bareng tentang masalah dan bisa diselesaikan bersama"
2. terlalu sibuk
dia yang terlalu sibuk dengan hobby nya/teman2nya itu tandanya dia masih belum bisa memanage waktunya bersamamu. kamu tidak diprioritaskan sampai kapan dia akan begitu? buat sms ajah gagpernah apalagi tlpn tapi ternyata dia malah online twitter. masih mau dinomor sekianin? padahal:
"ada banyak laki2 diluar sana yang sedang sibuk dengan urusannya tp tetap bisa menjaga komunikasi nya denganmu walaupun hanya nanya keadaanmu+apa yang sudah kamu lewatkan hari ini via sms."
3. ganjen 
ganjen? ramah sih boleh ajah, tapi jangan berlebihan, tau lah batesan2nya dalam berteman. kalo dia gagbisa menghargai kamu sebagai pasangannya berarti emang kalian gag sepemikiran, kalo kamu bilang kamu cemburu pasti dibilang anak kecil atau apa, daripada buang2 waktu sama org yang gagbisa ngehargain perasaanmu. masih mau nunggu juga dia berubah? Padahal :
"ada banyak laki2 ramah di luar sana yang bisa lebih menghargai perasaanmu, perasaan takutnya kamu kehilangannya, perasaan takutnya kamu ada wanita lain yang bisa membuatnya tersenyum selain kamu."
4. Nafsu
ntahlah kalo kalian manusia jangan mau diperbudak oleh nafsu. jangan mau dijadiin bahan percobaan mereka untuk disentuh diraba atau apapun yang membuat tidak berharga lagi. kalo ada laki2 kaya gini mendingan cepat2 ditinggalin, mereka pasti punya 100 alesan untuk membuatmu menuruti perintahnya, tp kamu punya 10000000 alesan untuk meninggalkan laki2 yang seperti ini. mungkin dia belum bisa menghargai perempuan dan menjadikan perempuan hanya pelampiasan nafsunya. masih mau jadi pelampiasan nafsunya? padahal :
"ada banyak laki2 nafsuan diluar sana yang belum berani dan mikir2 beribu2 waktu untuk menyentuhmu karena dia fikir kamu bukan barang yang bisa disentuh seenaknya saja"

5. Main tangan(re: bukan suit jepang ya!)
wahwahwah kalo ini udeh parbet belum jadi suami ajah udah berani kaya gtu, apalagi jadi suami yang ada tatto di badan tambah banyak ajeh. suka main tangan pas berantem gara2 hal sepele yang padahal bisa diselesaikan dengan ngomong 4mata dengan kepala dingin. Masih mau badannye tattoan bekas pukulannya? Padahal :
"ada banyak laki2 yang masih senantiasa menunggu mu yang tidak berani melukaimu apapun alesannya"
Mungkin sekian dari saya, saya memang tidak terlalu mengerti percintaan tapi hanya ini yang saya tau apa salahnya berbagi ilmu. Selamat sore salam olahraga:D

Minggu, 02 Desember 2012

anjungan Yogjakarta @TMII part 2


INDOOR :
Dibelakang Gupolo adalah bangunan induk (rumah baku) yang terdiri dari:
1.      Kuncungan
Dimana kuncungan ini merupakan baangunan paling depan juga disebut teras, sebagai pendukung keindahan bangunan induk.
Bagian atas depan kuncungan terdapat ornament yang menggambarkan angka tahun yang disebutnya Suryo Sengkolo yag berbunyi “Warno Sapto Kusumaning Bawono” yaitu angka tahun 1974, dan Condro Sengkolo yang berbunyi “Roso Swargo Aruming Noto” yaitu mennunjukan angka tahun Jawa 1906, dan angka tahun tersebut adalah tahun berdirinya anjungan Daerah Istimewa Yogjakarta.
Diatas kuncungan ini terdapat kekayon yang terbuat dari bahan kuningan yang melambangkan keseimbangan alam. Kekayon adalah ornament pohon hayat dengan seisi alamnya yang menggambarkan keseimbangan, ketenangan dalam kehidupan.
2.      Pendopo Agung
Pendopo agung anjungan DIY, berbentuk rumah joglo, dimana dalam arsitektur tradisional lebih dikenal dengan joglo sinom.
Dengan ciri bangunan ini mempunyai tiang sebanyak 36 buah dan biasanya dilantai tengah dibuat lebih tinggi daripada bagian pinggirnya.
Dari 36 tiang penyangga tersebut 4 diantaranya adalah tiang utama yang disebut Soko Guru, disini terdapat ornament Probo Atas, Wajikan dan Probo Bawah.
Probo Atas dan Probo Bawah adlah gambaran Sinar Illahi yang merrupakan kekuatan abadi dan memn=berikan kekuatan bagi penghuninya
Wajikan adalah ornament yang berbentuk belah ketupat, wajikan merupakan jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan gula kelapa.
Umpak dimana landasan tiang yang menerima beban.
Umpak terbuat dari batu kali, diukir dengan ornament Padma yaitu ragam hias yang mengambil garis tepi(siluet) bunga padma. Bunga Padma melambagkan kelanggengan/keabdian.
Pada ujung atas soko guru terdapat ornament untu wlang (gigi balang),yang menggambarkan kekuatan yaitu bahwa keempat soko guru tidak akan lepas dan tetap bersatu sebagai kesatuan yang utuh .
Pada rumah adat berbentuk joglo diatas tiang utama (soko guru) terdapat balok kayu yang ditumpuk-tumpuk dan saling menumpang , dengan ornamen yang indah yang disebutnya tumpang sari . pada tumpang sari ini terdapat ornament yang bermacam-macam yaitu daun,gurdo,bunga,buah dan salur-saluran yang sedang bersemi,yang semua ini menggambarkan keindahan surgawi , kehidupan abadi dimana semu orang ingin mencapai kesana .
Pada keempat ujung-ujung tumpang sari dapat 4(empat) buah nanas (nanasan),dimana untuk mengigatkan kita semua bahwa untuk menikmati sesuatu harus melui perjuangan (apabila makan nanas haruslah terlebih dahulu mengupas dan menghilangkan matany )
Diantara keempat soko guru , pada bagian atas ditutup dengan pemidangan dengan ornament bulat berup probo . probo ini menggambarkan sinar ilahi , yang akan menyinari seisi rumah sehingga smua tetap dalam perlindungan sng maha pencipta .
Plafon banguna joglo biasanya dibuat dalam bentuk usuk hias yang menyebr seperti kerangka payung , sehingga disebut usuk peniyung . penyebran usuk-usuk ini sebagai gambaran agar ajaran-ajaran yang terdapat pada keempat soko guru dengan tumpang sarinya menyebr ke seluruh bagian dari dalem tersebut .
Pada bagian pinggiran atap terdapat listplang yang dibuat dalam bentuk banyu tumetes yang menggambarkan titik-titik air yang berbaris yang membawa rejeki,yang sekaligus bahwa titik-titik air mempunyai kekuatan yang luar biasa .
Wuwung pada rumah ini berbentuk kembang turen pada ujung-ujungnya yang menyerupai mahkota , ini adalah perlambang kewibawaan bagi semua penghuninya .
Warna khas daerah istimewa YOGYAKARTA adalah pare anom , yaitu kombinasi hijau dan kuning dengan aksentuasi warna gulo klopo , yaitu merah dan putih . pare anom melambangkan kesuburan , kemakmuran dan murah rejeki . gulo klopomelambangkan kebernian bersikap dilandsi kesucian/kebersihan diri .
Dianjungan daerah istimewa Yogyakarta pendopo agung adalah diamana seluruh kegiatan dilaksanakan ,yang antara lain : seni tari , drama ketoprak , wayang kulit , resepsi pernikahan dan segala pertemuan lainnya .

3.      Longkangan
 Yaitu terbentuk antara pendopo dan pringgitan . bangunan. Bangunan longkangan berbentuk limas an klabang nyander , cirinya mempunyai banyak pengeret , dan tiang penyanga tidak diberi ornamen (polos) dianjungan D.I Yogyakarta difugsikan sebagai tempat persiapan bagi penri yang akan pentas .

4.      Pringgitan
Adalah bagian depan dari Dalem Ageng dimana bangunan ini juga berbentuk limasan yang fungsi awalnya sebagai tempat pertunjukkan wayang purwo(wayang kulit), bahwa peringgitan berasal darikata ringgit.
Dimana setiap harinya ditempat ini dipergunakan untuk meletakkan alat musik yaitu gamelan yang ,mempunyai laras(nada)  Slendro dan Pelog.
Untuk memasuki Dalem Ageng terdapat penyekat dari kayu yang disebut Gebyog. Gebyog tersebut mempunyai tiga pintu dan dua jendela, diamna setiap pintu dan jendela mempunyai daun yang dikenal dengan sesebutan Inep Kupu Tarung.
5.      Dalem Ageng
Adalah bangunan yang dipergunakan untuk tempat tinggal ,dan bangunannya berbentuk joglo, namun di anjungan D.I Yogyakarta dipergunakan untuk menyimpan benda-benda kuno dan disakralkan , dimana setiap malam jum’at kliwon selalu diberikan sesaji.
Dalem ageng terdapat kamar-kamar dan didalamnya terdapat tempat tidur. Yaitu sentong tengah, kiwo dan tengen.
v  Sentong tengah dimana terdapat Pasren (tempat tidur) yang dikenal dengan sebutan Krobongan , ini adalah peninggalan Pangeran Diponegoro , dan di sentong tengah ini diperuntukkan bagi Dewi Sri (dewi kesuburan pad), jadi tempat ini dipergunakan untuk tempat pemujaan oleh penghuninya.
Didepan sentong tengah terdapat tampilan dalem antara lain:
·         Banyak / angsa merupakan symbol kesucian dan kewaspadaan
·         Dalang/ kijang merupakan symbol kegesitan dan kebijaksanaan
·         Sawung/ayam jantan merupakan symbol keberanian
·         Galling/merak merupakan symbol kewibawaan
·         Ardowaliko / naga merupakan symbol penyangga semua tanggung jawab
·         Kucu mas/saputangan mas merupakan symbol penghapus segala kotoran baik jasmani maupun rohani.
·         Kutuk/lentera merupakan symbol dari penerangan di hati rakyat
·         Saput atau tempat segala alat merupakan symbol dari sikap kesiagaan.

v  Sento kiwo terdapat tempat tidur tedeng adalah tempat tidur Sri Sultan Hamengku Buwono 1x dilahirkan.
Juga terdapat Loro Blonya yaitu melambangkan sepasang pengantin yang sedang duduk bersanding.

v  Sentong tengen terdapat tempat tidur peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono V, dimana tempat tidur ini terrbuat dari batu marmerr.
Di dalem Dalem Ageng masih terdapat sepasang kaca benggala peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono VII beserta meja marmer nya, serta beberapa pusaka yang dikeramatkan.
Jadi sampai sekarang di Dalem Ageng mini masih dikeramatkan.

6.      Gadri
7.      Yaitu ruang keluarga dimana ruang ini dipakai untuk semua kegiatan dalam keluarga tersebut. Namun di Anjungan D.I. Yogjakarta tempat ini dipakai untuk rias bagi seniman yang akan tampil di Pendopo Agung.

anjungan Yogjakarta @TMII part 1


OUTDOOR  :

·         Pagar anjungan DI Yogyakarta terbuat dari besi dan pilar-pilar, dimana pilar-pilar tersebut terdiri dari Kuncup Padma dan Canden. Kuncup Padma mempunyai arti Kehidupan yang abadi.Sedangkan Canden dibagi menjadi 3 macam yaitu :
v  Canden1 yang artinya melambangkan jiwa
v  Canden 2 yang artinya manunggaling kawulolan Gusti
v  Canden 3 terdiri dari jaga tingpangeran, jaga tingtu mitah dan jaga tingbebrayan yang semuanya untuk mengingatkan kita bahwa sang maha pencipta telah menciptkan manusia untuk melaksanakan kehidupan yang semestinya. Dan pada pilar pintu gerbang terdapat oyief yang disebut ular kaget, untuk mengingatkan kita agar selalu “Elinglanwaspada”.Pada pagar besi terdapat gambaran anak panah yang, menggambarkan kesiagaan dalam segala macam marabahnya.

·         Sebelum memasuki areal kunjungan Daerah Istimewa Yogayakarta pertama kita memasuki tak Regol, yaitu bangunan yang terletak dipintu masuk. Bangunan regol ini dalam arsitektur tradisional disebut Tajug Lawakan, dengan ciri mempunyai tiang sebanyak 16 buah dan atap terdapat emper sebanyak 4 sisi, yang sama serta diujung atap terdapat mahkota atau topong (mahkota ini hanya terdapat pada bagian Tajug.)

·         Bangunan Tajug, biasa dipergunakan untuk masjid(rumah suci) , serta untuk mengikat kita bahwa pada waktu memasuki Regol betul-betul bersih atau suci lahir batin dan mendapat Pengyomi gusti.

·         Selepas dari Regol yang kita lihat dua patung raksasa kembar yang disebut Gupolo letaknya didepan Pendopo, Kedua patung Raksasa tersebut terdiri dari dua karakter , yaitu sebelah kanan digambarkan sebagai Raksasa baik dan yang sebelah kiri raksasa jahat. Itu semua untuk mengingatkan kita dalam memasuki Ajungan Daerah istimewa Yogyakarta agar selalu mengutamakan kebaikan dan mengesampingkan kejahatan atau hal-hal yang tidak baik.

·         Di dalem Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, selain bangunan pokok juga terrdapat bangunan pedampig yaitu disebut Gandok Kiwo dan Gandok Tengen (Gandok Kiri dan Gandok Kanan)
v  Gandok Tengen bagian belakang bangunan berbentuk limasan yang diperuntukan sebagai kantor pengelola anjungan.
v  Gandok tengen bagian depan bangunan berbentuk limasan pacul gowang disini dipergunakan  untuk ruang pameran seni kerajinan dari Yogyakarta.
v  Gandok kiwo adalah bangunan berbentuk limasan, dimana disini dipergunakan untuk cafetaria yangselalu meyiapkan makanan khas Yogyakarta terutama gudeg Yogya yang siap saji

·         Dan apabila pengunjung akan mendpatkan Souvenir juga telah terseda dimana Artshop yang meyediakan barang-barang kerajinan Yogyakarta.

·         Dan yang paling belakang terdapat tempat pembuatan keris yang disebut besalen dimana tempat ini dulunya dipergunakan untuk membuat keris oleh keturunan Empu Supo Majapahit

·         Diantaranya bangunan pokok induk dengan masing-masing gandok ada pintu gerbang yang disebut Seketheng. Seketheng inilah yang membatasi halaman luar dengan dalem(omah njero)

·         Disudut kiri depan juga sudah dilengkapi tempat ibadah(mushollah) dalam arsitektur tradisional disebut limasan lawakan.Dengan demikian pengunjung akan lebih tenang dalam berkunjung di anjungan D.I. Yogyakarta.

·         Dan tanaman yang terrdapat di anjungan D.I.Yogyakarta juga disesuaikan dengan khas Yogyakarta, misalnya pohin sawo kecik melambangkan kebangsawanan, jambu dersono kepel, asem dan keben.

from sanlat with love part 1


Pagi di bulan Ramadhan ini berbeda dengan pagi-pagi pada umumnya bapak mengantarkan aku untuk kerumah sahabatku di dekat sekolah, sikasik!!! karena ada pesantren kilat selama 3hari 2malem di dekat sekolah dan bawaan aku yang banyak seperti  tkw-___-
Setelah muter-muter dan nyaris ke sasar karena bapak lupa-lupa inget jalan pintas kesana , tapi setelah nanya2 ke orang ternyata ada seorang pekerja yang ingin pergi ke kantor dan arahnya sama seperti kita. Wow beruntungnyaaa!!! (udah kesasar ajah masih bilang beruntung). Terus kita ngikutin dia dan setelah ketemu jalan besar kita berpisah dengan dia tak lupa kita ucapkan terimakasih banyak.
Macetmacet jalanan ibukota sudah biasa, kendaraan umum berenti sana sini tanpa tau aturan membuat kemacetan ini tambah parah, tapi kita mau tidak harus terus melalui jalanan ini.
Setelah sampai dirumah teman aku, aku beserta 3orang temanku langsung naik kendaraan umum dari depan pasar waktu sudah menunjukan pukul 8 pagi, dengan 15menit kita sudah sampai dan aku rasa kita telat, yaaa tapi kita biasa ajah artis biasa ditungguin sahut temanku.
Setelah melewati hari2 disana selayak nya sanlat pada umumnya.
Hari ini adalah sahur terakhir kita disana, dengan sedikit kelakuan bodoh temanku yang di lakukan didepan ketua sanlat kita, ini jadi bahan ceng-cengan aku dan sahabat-sahabatku sampai membawa ke jejaring sosial twitter . Di twitter kita membicarakan ‘nya’ seorang yang aku dan sahabat2 aku piker seorang anak mushollah yang pendiam dingin angkuh.
Tapi tanpa disangka dia yang kita bicaraka di twitter mengadd aku di facebook sebelum sanlat aku tidak pernah ngeliatnya sebelumnya disekolah, maka kaget banget tiba2 dia tau nama facebook aku padahal aku disekolah tidak terkenal mungkin Cuma beberapa yang tau dan mungkin menganggapku ada .
Kita masih terus ngecengin dia sampai ditwitter ditambah dia mengadd facebook aku.
Dengan ucapkan pertama
“terimakasih kak sudah di add”
Dan berlanjut terus sampai beberapa hari kita wall2an.
Tiba2 dari wall2an kita message2an di facebook dan dia meminta nomor handphone aku yaa aku fikir dia kakak kelas ku jadi aku berikan nomor handphone ku ini .
Kita mulai smsan terus padahal saat itu aku masih mempunyai pacar namun karena kita beda kepercayaan makanya aku jadi males2an karena aku dan dia temenan aku masih mikir2 untuk memutuskan hubungan itu karena takut pertemenan kita hancur.
Tapi mungkin emang putus itu pilihan yang tepat maka aku memutuskan untuk mengakhiri semuanya sebelum lebih jauh lagi.
Ternyata sang ketua sanlat itu orangnya lucu beda dari aku dan sahabat2 fikirkan . dia orang yang pintar dan humoris dan aku rasa akuuuuuu mulaiiiiii jatuhhhh hatiiiii padanyaaaa padahal belum ketemu sama sekali di sekolah karena sekarang masih libur lebaran.
Minggu ini minggu terakhir libur lebaran tepat tanggal 06Sep11 dia menelpon ku katanya ia ingin bicara karena aku gag ada pulsa dia ngabarinnya via facebook.
‘kring kring’ handphone ku pun berdering.
Setelah ngomong ini itu ternyata dia mengutarakan isi hatinya padaku. Wow speechless aku di tembak via telephone for the first time . aku bilang maaf aku gagbisa jawab sekarang.
Dia terus menanyakan jawabannya tapi kata temanku dia suruh ngomong langsung disekolah okelah ia pun setuju dengan yang aku pinta.
Lusa setelah hari itu saya bergegas menuju sekolah karena hari ini hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang, saya menaiki tangga menuju kelas ku dilantai 2 dan berhadapan langsung ke lapangan.
‘Krekkk’ Ketika aku membuka pintu kelas.
Tiba2 dari dalam aku diteriaki sama sahabat2ku, sontak aku menutup lagi pintu kelas itu dan membalikan badan sengaja atau tidak yang aku lihat ia tersenyum untuk ku dari bawah lapangan dengan sontak lagi aku langsung masuk kelas.
Sahabat2ku teriak2 katanya ada sekuntum bunga dan secarik kertas…..